Sepenggal Kisah dari Sarcastic, Gerombolan Metal yang Jujur dalam Berkarya

Foto: Dok. Sarcasatic

jalurmusik.com- Sarcastic adalah band Metal yang sudah lama terdengar gaungnya dan terbentuk pada 1996. Saat ini, Sarcastic diperkuat oleh Krisna Perdananto (vokal, gitar), Muhammad Ikhyan Yusmansayah (drum), Wahyu Supriadi (bas) dan Bobby Lutfie (gitar).

Awalnya band ini terbentuk karena Krisna dan Kiki (mantan personel) sedang menempuh pendidikan di satu kampus yang sama. Selera musik yang sama pula lah yang membuat mereka mulai membentuk band yang membawakan lagu-lagu dari kreator. Dalam prosesnya, mereka mulai mencari-cari band lain sebagai refrensi.

“Terus berubah mengcover lagu Sepultura,” kenang Krisna, sang pentolan.

Band ini telah banyak melewati banyak badai. Setelah sempat gonta-ganti personel, Sarcastic sempat memutuskan vakum pada tahun 2009. Pelan-pelan mereka kembali membangun mimpi mereka untuk tetap menghdiupkan band ini.

“Di tahun 2013, kita coba bangun lagi, dari 2014 sampai sekarang dengan formasi yang seperti ini,” ujar pembetot bas Wahyu.

Dalam bermusik mereka menjadikan kejujuran sebagai modal utama. Musik cadas dan tema-tema beringas tentang isu-isu sosial politik mereka,membentuk Sarcastic menjadi apa yang mereka mau dalam bermusik, atau dalam artian lain, mereka tak harus mengejar selera pasar.

“Kita main apa yang kita suka, apa adanya. Kita enggak suka diatur harus begini atau begitu. Dalam berkreasi, kita lebih idealis,’’ kata Bobby.

Sarcastic juga tak menolak bahwa mereka juga ingin mendapatkan materi dalam proses bermusik mereka, tapi bukan itu yang menjadi tujuan utama.

 “Anggap saja uang itu bonus lah. Awalnya, kita membentuk band karena hobi dan ingin menyalurkan hasrat bermusik kita. Tapi seandainya bisa menghasilkan ya alhamdulillah, anggap aja itu bonus,” jelas Krisna lagi.

Sarcastic saat ini sedang dalam proses penggarapan album yang direncanakan akan dirilis tahun ini. 

Comments

Leave a Comment