Stormzy Batal Tampil di Austria Karena Isu Rasial

Foto: Newsyks.com

jalurmusik.com- Tindakan rasis sampai hari ini masih terjadi. Mulai dari atlet sepak bola sampai kepada penyanyi, bisa saja menjadi korban atas tindakan ini.

Belum lama ini, sebuah festival musik Austria, Snowbombing, meminta maaf kepada rapper asal Inggris, Stormzy, yang memutuskan untuk mundur dari penampilan dalam festival tersebut. Alasan Stormzy karena staf keamanan membuat profil rasial.

Penyelenggara festival Snowbombing mengatakan bahwa pihak salah merespon laporan bahwa ada beberapa orang di festival ini memiliki senjata, termasuk manajer Stormzy yang turut digeledah dengan cara yang tidak menyenangkan. Hal ini membuat Stormzy marah bukan kepalang.

Melansir Billboard, Stormzy meluapkan kemarahan ini di akun Instagram dengan mengatakan bahwa teman-temannya digambarkan secara rasial, menjadi target dan diperlakukan secara agresif walaupun tidak ada yang sesuai dengan deskripsi. Stormzy kemudian menyatakan permintaan maafnya kepada para penggemar yang kecewa.  

"Jika ini adalah langkah drastis yang perlu saya ambil untuk membuat titik melawan rasisme dan profil ras, maka percayalah bahwa saya mengambilnya," tegas Stormzy mengecam peristiwa tersebut.

Sebagai penyelenggara, Snowbombing mengungkapan rasa bersalah mereka pada Kamis (11/04) lalu. Dengan sepenuh hati, mereka meminta maaf kepada tim Stormzy dan akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan hal itu tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Stormzy bukanlah yang pertama. Sebelumnya sudah banyak penyanyi yang menjadi korban atas tindakan yang tidak menyenangkan ini. Tidak hanya mereka yang berkulit hitam. Beberapa artis Korea pun pernah menjadi korban, di antaranya Lisa Blackpink, Junghwa Exid dan Erix Nam.

Comments

Leave a Comment