Gelaran ke-8 Record Store Day Indonesia

Foto: Rio Jo Werry

jalurmusik.com- Bagi mereka yang mencintai musik, rilisan fisik masih menjadi sesuatu yang penting dan bermakna. Khususnya di era digital seperti sekarang, disaat mendengarkan musik begitu menggoda dengan kemudahan platform digital, sebagian orang masih merayakan peranan penting rilisan fisik yang diwujudkan dalam satu bentuk gelaran bernama Record Store Day.

Jika berbicara sejarah bagaimana tercetusnya Record Store Day, awalnya di Amerika Serikat berkumpul para pemilik toko musik di suatu tempat pada tahun 2017.Perkumpulan ini akhirnya  mencetuskan sebuah hari yang bersejarah yakni Record Store Day, yang bertujuan untuk merayakan rilisan fisik sebagai budaya yang unik baik di Amerika Serikat maupun di seluruh negara dunia, termasuk di Indonesia.

Tahun ini, Record Store Day Indonesia memasuki gelaran yang diadadakan ke-8. Record Store Day 2019 diselenggarakan di Ballroom Kuningan City pada 12 hingga 13 April. Segala bentuk rilisan tampak di event ini mulai dari CD, kaset hingga keping vinil. Selain itu, ada juga dijual seperti t-shirt dan pernak-pernik musik lainnya.

Event yang diadakan selama dua hari pada Jumat (12/04) dan Sabtu (13/04) ini sukses menghadirkan banyak pengunjung. Tak hanya menjual berbagai rilisan fisik, event ini juga menampikan banyak band untuk unjuk gigi. Panggung event ini dibagi menjadi dua yakni Provoke Music dan Fred Perry Stage.

Sejumlah nama yang turut memeriahkan Record Store Day tahun ini antara lain Perahu Kertas, Zoorrya, Adrian Yunan, Ping Pong Club, Lips, Saintloco, The Panturas, No Zeke and The Popo, Zirah, Pijar, Noh Saleh, Morfem dan Zigi Zaga.

Comments

Leave a Comment