Gamelan Dipelajari di Seoul Institute of the Arts Korea Selatan

Foto: Romadecade.org

jalurmusik.com - Musik Indonesia sangat kaya. Masing-masing daerah memiliki musik yang khas. Salah satunya ialah gamelan  Tak hanya di Indonesia, gamelan juga diminati oleh masyarakat dunia.

Layaknya jenis musik yang lain, gamelan juga dipelajari secara teknis dan filosofis di institusi pendidikan seni. Melansir dari Tempo, gamelan kembali menjadi satu-satunya musik asing yang dipelajari di Seoul Institute of the Arts (SIA) tahun ini. Dalam empat tahun terakhir, SIA aktif bersinergi dan berkomunikasi dengan musisi dan institusi musik di Indonesia dalam program pertukaran dosen maupun mahasiswa.

Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Seoul bersama dengan SIA membuka kelas gamelan sebagai Program Musik Dunia Gamelan 2019. Seperti dilansir Tempo, kemitraan ini telah berjalan selama dua tahun. Setidaknya 30 siswa mendaftar untuk kelas semester musim semi tahun ini, meningkat dari musim gugur 2018 di mana hanya ada 26 siswa.

Selain itu, Direktur CultureHub Korea dan Profesor Seni Digital SIA, Bo Sul Kim, menyatakan penghargaannya kepada KBRI.

“Dengan kemitraan ini, program CultureHub World Music dapat didirikan setiap semester. Semakin banyak siswa yang mengikuti program ini menunjukkan minat mereka yang tinggi untuk mempelajari budaya Indonesia, khususnya musik gamelan,” kata Kim.

Comments

Leave a Comment