CBGB & OMFUG: Markas Beraksinya Kreatifitas

Sumber Foto: Cbgb.com

jalurmusik.com - Salah satu tempat berpengaruh di dunia dalam kemajuan musik punk di dunia adalah salah satu klub kecil di New York bernama CBGB & OMFUGCBGB & OMFUG merupakan kependekan dari Country, Bluegrassand Blue and Other Music For Uplifting Gormandizers.

Sebelumnya bernama CBGB & OMFUG, tempat ini hanya klub biasa yang memainkan musik Bluegrass dan Blues saja. Namun, ketika Hilly Kristal mengubah konsep ini pada tahun Desember 1973, klub ini diubah menjadi tempat pertunjukan buat para band yang ingin mengenalkan lagunya.

Seiring berjalannya waktu, CBGB banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin memainkan musiknya. Klub ini mempunyai prinsip dan aturan bahwa siapapun yang ingin bermain di klub ini harus mengedepankan orisinalitas musik.

Hal ini yang kemudian menarik banyaknya musisi-musisi independent untuk “unjuk gigi” di tempat itu. Alumni CBGB yang pernah bermain di tempat ini yang kelak menjadi besar diantaranya Ramones, Iggy Pop, The Police, Talking Head, Patti Smith, Television dan band-band yang banyak jumlahnya.

Di klub ini, kerap terjadi insiden kekerasaan di CBGB selama pertunjukan musik berlangsung. Hilly Kristal pun akhirnya melarang musik Hardcore dan Punk untuk tampil di CBGB pada tahun 80’an. Namun, larangan itu tidak bertahan lama. Band-band Hardcore dan Punk kembali bisa beraksi disana.

Setelah 32 tahun berjalan, yakni tepatnya di tahun 2005, Komite Residen Bowery menyegel CBGBHilly Kristal pun mencari jalur hukum dan berusaha untuk memperoleh kembali klub yang ia dirikan itu, tapi dia tidak berhasil hingga akhirnya CBGB dinyatakan ditutup selamanya.

CBGB berjalan selama lebih dari 30 tahun. Kisah tentang CBGB merupakan bagian dari fase berkembangnya musik Punk di dunia. 

Comments

Leave a Comment