Fenomena Sawer Digital

Foto: YouTube.com

jalurmusik.com  Netzme  adalah aplikasi pembayaran atau financial teknologi yang bertujuan untuk pembayaran mobile bagi masyarakat sekaligus membangun potensi kewirausahaan sampai ke tingkat mikro.

Uniknya, Netzme membuat satu fitur menarik yang berkaitan dengan musik. Netzme mengajak penyanyi Dangdut Dewi Persik untuk bernyanyi dan disawer secara digital dalam acara Funtastic Run.

Sawer digital ini diadakan di Lapangan Jetayu, Pekalongan, pada 2 Maret lalu dalam event Funtastic Run yang juga merupakan bagian dari event besar Funtastic Fest Pekalongan 2019. Tujuan event ini ialah untuk menciptakan gaya hidup masyarakat menjadi lebih sehat. Sudah menjadi kebiasaan bahwa untuk membuat event yang dihadiri banyak orang, musik Dangdut selalu menjadi pilihan utama.

Budaya saweran secara digital  adalah hal yang baru, sedangkan saweran sudah ada sejak kemunculan musik Dangdut di Indonesia. Saweran muncul sejalan dengan perkembangan musik Dangdut itu sendiri.

Saweran berasal dari bahasa Sunda yaitu “sawer” yang berarti melempar uang biasanya dilakukan saat upacara kebesaran tradisi seperti sunatan, kawinan dan sebagainya. Saweran dalam Dangdut bisa diartikan penonton memberikan uang kepada biduan pada saat penampilan di panggung.

Tradisi saweran ini biasanya hanya ada dalam musik Dangdut dan kurang awam hal nya dalam komposisi musik yang lain, Jazz misalnya, ketika penampilan musisi Jazz, akan terlihat tidak wajar jika penonton naik ke atas panggung untuk memberikan uang saweran.

Untuk kelompok Dangdut yang masih berpenghasilan rendah, saweran memang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup para anggotanya. Bahkan di beberapa daerah, ada kelompok Dangdut yang menggantungkan hidupnya dari uang yang diterima dari saweran.

Untuk penyanyi Dangdut yang sudah memiliki nama besar, mereka tak lagi menggantungkan penghasilannya dari hasil saweran. Tapi pada kenyataannya tradisi sawer yang berlaku pada pemusik Dangdut berskala “kecil”, tak jarang mampu melebihi honor mereka sekali naik panggung.

Comments

Leave a Comment