Memperingati Hari Musik Nasional

Foto: InfoBiografi.com

jalurmusik.com - Buat kamu pecinta musik tanah air, rasanya belum lengkap rasanya mengaku sebagai penikmat musik , kalau belum mengetahui asal usul kenapa tanggal 9 Maret ditetapkan menjadi Hari Musik Nasional.

Rencana untuk menetapkan tanggal ini sebagai Hari Musik Nasional  bermula sejak era Presiden Megawati Soekarno Putri pada tahun 2003. Ide untuk menjadikan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional diusulkan oleh Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPRI). Namun, butuh waktu hampir satu dekade untuk membuat rancangan penetapan Hari Musik Nasional tersebut disahkan.

Akhirnya, Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret. Penetapan Hari Musik Nasional disahkan melalui keputusan Presiden (Keppres) No 10 Tahun 2013 saat kepimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Pemilihan tanggal ini bertepatan dengan hari lahirnya salah satu Pahlawan Nasional, Wage Rudolf Supratman. Seperti yang sudah diketahui bahwasanya Wage Rudolf Supratman adalah pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Lagu ini dikumandangkan pertama kali di muka umum pada Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 untuk membakar semangat kaum muda dalam berjuang merebut kemerdekaan.

Mengenai penetapan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional, bukan berarti tidak menuai kontroversi. Perdebatan yang muncul d i masyarakat bukan soal layak atau tidaknya kelahiran WR Supratman menjadi Hari Musik Nasional, melainkan karena sejumlah literasi menyebutkan tanggal lahir WR Supratman keliru, bukan 9 Maret akan tetapi 19 Maret.

Terlepas dari segala kontroversi, Hari Musik Nasional tetap dirayakan bagi pecinta musik di tanah air. Semoga di Hari Musik Nasional ini, permusikan Indonesia semakin maju dan musik Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.

Comments

Leave a Comment