Saat Musik Tak Berbunyi

Foto: YouTube

jalurmusik.com  - Pernahkah kamu mendengar musik yang hening? Pasti sebagian dari kamu bilang itu tidak mungkin. Musik  yang kita kenal adalah gabungan dari beberapa nada dan menghasilkan suara. Namun bagaimana jika musik tanpa ada bunyi?

Pada tahun 1952, seorang komposer musik klasik bernama John Cage pernah merilis sebuah karya yang kontroversial. Ia menciptakan sebuah komposisi musik yang hening dan tanpa suara yang ia beri judul 4:33. Cage sendiri adalah salah satu tokoh terkemuka dari musik Avant Garde atau yang biasa kita kenal dengan istilah Kontemporer.

Proyek ini dianggap kritikus dan musisi sebagai sesuatu yang ngawur. Sebenarnya komposisi ini mempunyai bagian-bagian lagu, tangga nada dan aransemen tapi memang tidak ada bunyi yang terdengar. 

Pria kelahiran 5 September 1912 ini pun melalui 4’33 memberikan pembelaan dan penjelasan bahwa kekosongan atau pun kesepian dari musik ini memiliki esensi dari musik itu sendiri. 

Di sana ada gerakan, di sana ada suara sekitar yang menciptakan suasana untuk didengar dan dinikmati. Uniknya, 4’33 ini pun sudah banyak dibawakan ulang oleh berbagai musisi, mulai dari piano hingga orkestra.

Musik tanpa suara ini bukanlah diciptakan oleh John Cage. Jauh sebelum John Cage, sebelumnya sudah ada Alphonse Allais yang telah menciptakan lagu komposisi Funeral march for the Obsequies of a Deaf Man pada tahun 1897. Komposisi tersebut tidak memiliki bunyi apapun.

Setelah dua orang itu mempopulerkan musik tanpa suara yang biasa disebut silent composision, akhirnya musik tanpa suara ini berkembang pada akhir abad 20’an. SoundgardenMagic Window bahkan pasangan terkenal John Lennon dan Yoko Ono pernah membuat karya yang serupa. Bagaimana menurut kamu?

Comments

Leave a Comment